Workshop Kaligrafi; Menggoreskan Ide menjadi karya Kaligrafi Kontemporer

 


Acara workshop divisi kali ini berbeda dengan workshop sebelumnya, yang mana biasanya dilaksanakan secara indoor akan tetapi Workshop Kaligrafi ini dilaksanakan secara outdoor dan bertempat di Bumi Perkemahan Bedengan. Terlaksana pada Hari Sabtu, 11 Mei 2024 yang bertemakan "Goresan alam: membumi dalam karya kaligrafi kontemporer" dengan harapan anggota dapat mengasah skill dan wawasannya bertambah terkhusus bagi anggota divisi kaligrafi sendiri. 

Acara ini mengundang pemateri yang sangat memukau dengan karya maupun prestasinya di berbagai kompetisi. Pemateri tersebut bernama Ust. Alfiyan Arief Mahfudzi,. M.Pd.  Beliau menyampaikan materi tentang kaligrafi kontemporer dari dasarnya yaitu konsep, teknik, dan juga style dalam menulis kaligrafi. Disela-sela penjelasannya beliau juga mengatakan bahwa "Suatu ide harus dituangkan menjadi rancangan konsep yang nantinya dapat memudahkan dalam merealisasikan ide tersebut".



Selain penyampaian materi dalam workshop ini juga dilakukan praktik secara langsung oleh semua anggota UKM Seni Religius yang ikut berpartisipasi. Mereka dipersilakan mulai mencari ide dan membuat karya dengan sebaik-baiknya. Para anggota pun sangat antusias dalam menuangkan ide menjadi sebuah karya menggunakan kanvas dan cat sehingga menghasilkan karya yang bagus dan memukau. Kemudian karya yang sudah selesai di evaluasi oleh pemateri satu-persatu untuk dilihat sejauh mana kemampuan dari masing-masing anggota.

Setelah semua karya selesai di evaluasi, beliau memberikan sedikit motivasi kepada para anggota untuk terus berkarya dimana pun dan kapan pun. "Karena sejatinya sebuah ide itu akan muncul dengan sendirinya seiring kita melakukan sesuatu tersebut" Ujar Ustadz Alfiyan. Diakhir acara dilakukan sesi penyerahan cinderamata sebagai rasa terima kasih dan juga foto bersama pemateri dengan membawa karya kaligrafi masing-masing.

Seni Religius
Seni Religius Website ini dikelola oleh Biro Humas Seni Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang