BERKARYA BERSAMA DIVISI KALIGRAFI 2021

Acara Berkarya Bersama merupakan acara pembuatan karya kaligrafi kontemporer yang diselenggarakan oleh pengurus divisi UKM Seni Religius 2021. Dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 April 2021 dan bertempat di Bumi Perkemahan Bedengan, Kec. Dau Kab. Malang. Acara ini mendatangkan pemateri ahli kaligrafi dan Seni Rupa yakni, Ust. Alfiyan Arief Mahfuzhi. Acara ini diawali dengan persiapan dari seluruh partisipan acara dengan berkumpul dan berdoa sebelum memulai acara di Basecamp UKM Seni Religius pada pukul 06.00-07.40 wib. Acara Berkarya Bersama dibuka secara resmi setelah Pemateri mendatangi lokasi, dan acara dibuka oleh MC dengan formal sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan Hymne dan Mars UKM Seni Religius dengan Damiya sebagai dirigent.
Selanjutnya pada pukul 09.15 – 09.25 WIB diisi sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari Ihsan sebagai Penanggung jawab Acara Berkarya Bersama, kemudian sambutan yang kedua dari Mas Fajar Bayu Rahmatullah selaku Ketua Umum UKM Seni Religius. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa sebelum memulai pembuatan karya yang dipimpin oleh Pemateri. Pada pukul 09.30 WIB acara dilanjutkan dengan pemateri memberi materi dalam berkarya seni kaligrafi kontemporer dengan maqro’ yang telah diberikan melalui media Whatsapp. Setelah pemateri memberikan materi mengenai maqro’, peserta berkarya yang terdiri dari 9 orang mulai menggambar sketch maqro’ yang telah ditentukan. Kemudian setelah menggambar maqro’ pemateri memberi materi kembali mengenai ornamen yang ada pada kaligrafi kontemporer, selanjutnya peserta berkarya mulai membuat ornamen. Setelah ornamen pemateri memberi materi mengenai pengecatan dan pewarnaan. Pada pukul 12.15 WIB partisipan acara dipersilahkan untuk melakukan istirahat sholat dan makan siang, namun makan siang tidak dilakukan besama-sama seperti adat UKM Seni Religius pada umumnya. Dalam pembuatan karya, menghabiskan waktu yang cukup lama yakni sampai pada jam 15.30 WIB, hal tersebut sudah jauh melewati batas acara yang ditetapkan dalam Rundown, walaupun begitu partisipan tetap mengikuti acara dengan antusiame yang tinggi. Setelah itu pada pukul 15.30-16.00 WIB partisipan melakukan bersih-bersih tempat setelah berkarya dan melakukan penyerahan sertifikat kepada pemateri .
Sebelum pulang partisipan melakukan dokumentasi dengan foto bersama dengan pemateri. Berkarya Bersama Lanjutan divisi Kaligrafi Acara Berkarya Bersama lanjutan divisi Kaligrafi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melanjutkan pembuatan karya yang belum terselesaikan pada saat acara Berkarya Bersama yang dilaksanakan di Bedengan. Acara Berkarya Lanjutan ini hanya dihadiri oleh 7 anggota divisi kaligrafi .Acara ini diadakan di Basecamp UKM Seni Religius pada Jum’at, 9 April 2021. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta berkarya melanjutkan karyanya dengan dibimbing oleh pemateri mengenai pengecatan dan pewarnaan sampai pada waktu Sholat Jum’at peserta laki-laki dan pemateri istirahat melakukan sholat jum’at. Kemudian Acara dilanjutkan sampai pada pukul 13.30 WIB.
Seni Religius
Seni Religius Website ini dikelola oleh Biro Humas Seni Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang