SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UKM SENI RELIGIUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Seni Religius Management
Pelantikan Pengurus Masa Jihad Periode 2016-2017
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UKM SENI RELIGIUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Seni Religius Management

PANGGUNG BEBAS 2019


Panggung Bebas merupakan salah satu program kerja jajaran bidang 2 yakni di departemen latbang. Dalam panggung bebas ini berisi penampilan dari seluruh divisi yang dikhususkan untuk anak anggota muda dan dipanitiai oleh anggota muda itu sendiri. Pada panggung bebas periode ini terdapat 2 rangkaian acara yakni pameran kaligrafi dan malam puncak.

PAMERAN KALIGRAFI
Pameran kaligrafi dalam rangka menuju malam puncak Panggung Bebas Forum Anggota Muda 18 yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 02 Mei 2019. Dengan persiapan pameran sehari sebelumnya yaitu tanggal 01 Mei 2019 pada pukul 08.00-selesai. Dikarenakan acara di hari aktif perkuliahan dari FAM’18 yang datang 10 orang dan terpaksa apel pembukaan pameran dilaksanakan dengan waktu yang sangat molor yang mana pad saat pembukaan dipimpin oleh ketapel.
Pameran kaligrafi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu pada pukul 08.10 – 11.30 WIB yang mana acara ini kurang begitu ramai, karena mengingat masih ada kegiatan perkuliahan, sehingga panitia yang hanya memiliki jam kosong saat perkuliahan saja yang menyempatkan hadir dalam pameran tersebut.
Dilanjutkan dengan iqomah pukul 11.30 – 13.00 WIB. Disusun dengan pameran sesi ke dua . pada kali ini, acara lumayan ramai karena banyak mahasiswa maupun mahasiswi yang lalu lalang serta terdapat mbak – mbak dan mas – mas dari anggota SR angkatan atas, yang berkunjung di pameran tersebut.
Selanjutnya, panitia prepare alat – alat musik yang digunakan untuk penampilan nasyid sebagai pengisi acara pada saat pameran. Dikarenakan dari sie Acara hanya memfollow up satu orang saja dari devisi nasyid, penampilan nasyid pun tidak sesuai run down  yaitu yang aslinya pukul 16.30 WIB menjadi pukul 17.00 WIB. Acara ini ramai dikarenakan adanya penampilan dari Nasyid tersebut yang cukup menghibur.
Menginjak hari kedua prepare dimulai dari jam 07.00-08.00 WIB. Setelah dimulainya acara yang pertama, dilanjut dengan apel pembukaan yang di damping oleh CO dari latbang dimulai pukul 08.00-08.10 WIB. Pameran hari kedua ini ada  perubahan konsep acara yang sebelumnya di dalam konsep acara ini tidak ada acara pemesanan kaligrafi menjadi ada pemesanan kaligrafi. Perubahan acara ini dikarenakan adanya tawaran dari Mas Eza, beliau ini ingin mengembangkan seni tulis arab (Kaligrafi) dengan tujuan melestarikan sanad dari gurunya. Penawaran ini tidak semena-mena diterima oleh panitia panggung bebas sebab hanya beberapa panitia saja yang mengetahui, penawaran ini disepakati rapat evaluasi hari pertama. Mengingat tujuan dari Mas Eza ini membawa dampak baik untuk berjalannya acara panggung bebas ini.
Setelah berjalannya pameran sesi I dilanjut ISHOMA pada pukul 11.30-13.00 WIB pada waktu itu bertepatan hari jum’at, sehingga panitia khususnya laki-laki melaksanakan ibadah sholat jum’at sehingga sift jaga pameran dijaga oleh panitia perempuan.
Pameran Sesi II dilanjut pada pukul 13.00-18.30 WIB, Acara ini tidak begitu ramai, dikarenakan masih ada jam aktif perkuliahan bahasa arab yang dilaksanakan di gedung B. Mengingat jam perkuliahan masih aktif, kegiatan ini diisi dengan pembuatan nama langsung ditulis dengan Mas Eza. Kendala dari pembuatan nama ini dikarenakan dari pihak Mas Eza belum memberi tahu panitia alat-alat yang harus disediakan sehingga pantia harus mencari alat-alat yang harus dibutuhkan. Mengingat waktu menunjukkan pukul 16.30 WIB. Pameran ini sedikit ramai, disamping jam perkuliahan telah selesai sebagian pengunjung mengambil pemesanan jasa penulisan nama. Mengingat persiapan juga molor dan ketidak siapan dari panitia hal ini mengakibatkan lamanya pembuatan tulis nama sehingga molornya hasil pemesanan.






MALAM PUNCAK
                   Pada hari sabtu ini kegiatan malam puncak panggung bebas yang dipersembahkan oleh forum anggota muda UKM Seni Religius diawali dengan prepare, yang diikuti oleh sebagian anggota muda. Adapun kegiatan ini dimulai pada pukul 12.00 – 15.30. Namun prepare untuk dekorasi panggung bebas dimulai pukul 08.00 - 13.00. Kemudian dilanjutkan dengan cek sound pada pukul 13.00 – 15.30. Prepare dekorasi dilakukan dengan gotong royong oleh anggota muda dan dibantu oleh beberapa anggota biasa. Prepare secara keseluruhan ini tidak sesuai rundown karena pada saat cek sound membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga acara pembukaan menjadi molor.
                        Kemudian dilanjut dengan acara pembukaan yang di mulai pukul 15.30 – 16.00. acara pembukaan ini tidak sesuai dengan rundown, dikarenakan adanya kemoloran saat prepare. Yang seharusnya pembukaan dimulai pukul 15.10 menjadi  15.30.  acara pembukaan meliputi pembacaan

ayat suci Al – Qur’an, menyanyikan Lagu Hymne dan Mars UKM serta sambutan – sambutan. Setelah acara pembukaan, dilanjut dengan Penampilan – penampilan dari setiap divisi.
                        Penampilan pertama seharusnya dari divisi Qiro’ah, akan tetapi divisi Nasyid tampil terlebih dahulu karena salah satu anggota divisi Qiro’ah ada yang belum datang. Setelah penampilan dari Nasyid baru dilanjutkan dengan penampilan Qiro’ah. Kemudian penampilan yang ketiga dari Qoshidah Rebana dipending terlebih dahulu, karena waktu sudah mendekati adzan maghrib. Setelah itu dilanjutkan dengan break. Dimana break meliputi pelaksanaan sholat dan persiapan penampilan selanjutnya.
                        Penampilan yang ketiga yakni dari Qoshidah rebana. Yang dimulai setelah sholat maghrib. Lalu penampilan keempat seharusnya dari divisi mc, tetapi sholawat 1 sampai sholawat 4 didahulukan karena proyektor untuk penampilan mc belum siap.  Pada penampilan sholawat 3 ditukar dengan sholawat 4 untuk tampil terlebih dahulu. Karena sholawat 3 belum selesai persiapan.  Setelah sholawat 4 tampil kemudian barulah dilanjutkan penampilan dari MC. Kemudian penampilan kesembilan dari Sholawat Kontemporer. Dan dilanjutkan penampilan kesupuluh  dari Qoshidah modern,  dan disusul penampilan terakhir dari Gambus.
                              Waktu yang diberikan dari sie acara untuk  penampilan setiap divisi sudah memenuhi, keculai divisi MC yang menghabiskan waktu untuk mempersiapkan penampilan pada layar proyektor. Kemudian acara selanjutnya adalah pengangkatan anggota muda  menjadi anggota biasa yang sepenuhnya diambil alih oleh Ketua Umum UKM Seni Religius. Setelah itu dilanjut makan bersama.












Alhamdulillah acara Panggung Bebas berjalan dengan lancar, semoga menjadi acara yang barokah, Amin

"JIWAKU ADALAH SENI
DENGAN SENI AKU BERKARYA
DAN BERDAKWAH"
SIP
BIG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANGGUNG BEBAS 2019"

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan Sopan tanpa membuat Spam