Dies Maulidiyah XIX

SHOBER (Sholawat Bersama)

Acara Dies Maulidiyah 2019 UKM SR terdiri dari beberapa rangkaian. Rangkaian acara yang pertama adalah SHOBER (Sholawat Bersama) yg dilaksanakan pada Hari Rabu, 3 April 2019. Kegiatan ini diikuti oleh anggota UKM Seni Religius dan delegasi grup banjari dari berbagai kampus di lingkup Malang, Pasuruan, Sidoarjo ,dan Surabaya. Kegiatan ini diawali dengan Forum Aliansi pukul 16.30 WIB yang awalnya dijadwalkan pukul 15.00 WIB. Kedatangan dari delegasi berbagai kampus menyebabkan kegiatan ini harus diundur.
Sebagai  lanjutan  susunan acara sebelumnya,  acara ini merupakan inti dari acara SHOBER, yang dimulai dengan pembukaan oleh MC pada pukul 20.38 WIB. Berdasarkan rundown, acara seharusnya dimulai pukul 19.20 WIB, namun karena adanya kesalahan teknis, maka acara terlambat 1 jam 18 menit. Kemudian  dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran pada pukul 20.40-20.45 WIB dan menyanyikan hymne dan mars UKM hingga pukul 20.50 WIB.
Selanjutnya adalah sambutan-sambutan, sambutan pertama dari Mas Fahmi selaku ketapel  Dies Maulidiyah 2019 hingga pukul 20.53 WIB, kemudian sambutan dari Mas Saad selaku Ketua Umum UKM SR hingga pukul 20.56 WIB, dan Sambutan Pak Aziz, selaku Kabag Kemahasiswaan hingga 21.01 WIB.
Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan maulid diba' yang dipimpin oleh Mas Makhrus dan diikuti oleh seluruh peserta yang terdiri dari anggota UKM sendiri dan aliansi grup sholawat. Namun sebelum selesai pembacaan maulid diba, pada pukul 21.34 WIB, acara diselingi dengan Mauidhoh Hasanah oleh Kyai Muzakki, selaku Mudir MSAA. Dan pada pukul 10.05 WIB dilanjutkan kembali dengan pembacaan Maulid diba' hingga pukul 10.18 WIB.
Selanjutnya acara ditutup dengan doa dan foto bersama.


SHOBER
LOMBA ANTAR FUB


Perlombaan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 dengan diisi beberapa perlombaan diantaranya Makan Krupuk, Balap Karung Helm, Estafet Sarung, dan Mobile Legend. Perlombaan diawali dengan apel bersama seluruh UKM yang dijadwalkan dimulai pukul 07.30 WIB, tetapi baru bisa dimulai pukul 10.30 WIB dikarenakan delegasi dari seluruh UKM hadir sekitar pukul 10.15 WIB. Rangkaian pembukaan antara lain menyanyikan Hymne dan Mars UKM Seni Religius, sambutan ketapel, sambutan Ketua Umum UKM Seni Religius, dan Doa.
Setelah apel selesai, peserta diarahkan ke tempat perlombaan masing-masing. Semua perlombaan dilaksanakan bersama dalam satu waktu di tempat yang berbeda-beda. Lomba Makan Krupuk bertempat di teras SC. Lomba Estafet sarung bertempat di parkiran tengah SC. Lomba Balap Karung Helm bertempat di parkiran barat SC. Lomba Mobile Legend bertempat di Halaqoh UKM. Perlombaan dimulai pukul 10.40 WIB. Perlombaan Makan Krupuk, Balap Karung Helm, dan Estafet sarung selesai sekitar pukul 11.30 WIB. Sementara lomba Mobile Legend baru selesai sekitar pukul 17.50 WIB. Jumlah delegasi yang hadir tidak sesuai dengan form delegasi yang dikirimkan oleh setiap UKM. Sehingga menyebabkan bagan perlombaan yang dibuat berubah total. Dari setiap perlombaan diambil dua delegasi terbaik dari seluruh UKM yang mengikuti lomba.
Perlombaan ini diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada pemenang dan dilanjutkan ramah tamah bersama seluruh UKM.


LOMBA FUB
PENGUMPULAN KADO, KHOTMIL & ATER-ATER
1.      Pengumpulan Kado
Rabu, 03 – Rabu, 10 April 2019
Pada pengumpulan kado sudah berjalan dengan lancar meskipun dimulai dari hari Selasa dan berakhir pada hari Sabtu.
2.      Kamis, 12 April 2018
Ada beberapa acara pada hari Kamis ini, dimulai dengan khotmil Qur'an, ater-ater FUB, dan dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat dziba'.  Adapun susunan acara tersebut adalah:
a.       Khotmil qur'an
Pada acara ini kegiatan berjalan sesuai rundown. Panitia Dies Maulidiyah, mulai dari sie acara, sie konsumsi, dan sie akomodasi sudah datang tepat waktu. persiapan khataman aI-qur’an yang sudah menjadi agenda tahunan untuk ulang tahun UKM Seni Religius. Sie akomodasi yang bertugas untuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk acara khataman dan sie konsumsi bertugas menyiapkan minum beserta snack untuk anggota yang melakukan khotmil Qur'an di kantor UKM Seni Religius.
b.      Ater-ater
Acara ini dimulai jam 16.00 WIB dengan diiringi sholawat. Rute ater-ater ini adalah, dari UKM Taekwondo, UNIOR, PN, TK2, PRAMUKA, MENWA, JC, MAPALA, PSM GGB, INOVASI, LKP2M, KSR-PMI, SIMFONI,  KOMMUST, Kemahasiswaan, dan Satpam SC.


KHOTMIL

ATER-ATER

MALAM PUNCAK


Kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian acara DIES Maulidiyah XV UKM Seni Religius. Dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 April 2019 bertempat di parkiran SC. Pembukaan yang dijadwalkan mulai pukul 13.00 harus ditunda sampai pukul 15.00 WIB dikarenakan menunggu para PASER yang hadir termasuk Ketua PASER Mas Yusuf. Rangkaian pembukaan antara lain pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars UKM Seni Religius, sambutan ketua pelaksana oleh Mas Fahmi, sambutan Ketua Umum UKM Seni Religius oleh Mas Saad, sambutan Ketua PASER dan doa oleh Mas Yusuf.
Kegiatan dilanjutkan dengan Seresehan pukul 16.15 WIB bertempat di depan panggung. Seresehan ini dipimpin oleh Mas Yusuf dan para PASER yang hadir. Kegiatan ini diisi dengan sharing pengalama para PASER dan tanya jawab dari anggota UKM. Seresehan berakhir pada pukul 17.45 WIB dan dilanjutkan sholat maghrib berjamaah di tempat yang sama.
Pada pukul 19.20 WIB kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari para PASER dan anggota SR. Kegiatan ini dimulai tidak sesuai dengan jadwal dikarenakan masih menunggu MC Acara yang diisi oleh Mbak Dian. Penampilan-penampilan dibuka dengan Ceremonial Non-Formal oleh Mbak Dian dan Mas Aredea. Lalu dilanjutkan sambutan dari Gus Anton. Setelah itu diisi oleh penampilan dari Qosidah Rebana sekitar pukul 19.45 WIB. Lalu pukul 20.00 WIB dilanjutkan oleh Konser Maha Legend yang diisi oleh para PASER dari campuran berbagai divisi.  Setelah konser ini diisi dengan sambutan dari KABAG Kemahasiswaan yang diwakili oleh Pak Taba. Dilanjutkan dengan penampilan SERE New Volution yang diisi oleh anggota UKM pilihan  dari berbagai divisi pada pukul 20.45 WIB. Pukul  20.55 WIB dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum UKM Seni Religius dan diberikan kepada Bapak Mujtaba selaku wakil Kasubag Kemahasiswaan. Pemotongan tumpeng ini diiringi oleh lantunan lagu Mabruk Alfa Mabruk oleh SERE New Volution. Ditutup dengan ramah tamah.

Sambutan Ketua Pelaksana

Sambutan Ketua Umum

Sambutan Ketua PASER

SERESEHAN

Penampilan PASER

Alhamdulillah Acara berjalan dengan lancar, semoga dapat menjadi kado terindah untuk UKM Tercinta Kita.

"JIWAKU ADALAH SENI
DENGAN SENI AKU BERKARYA
DAN BERDAKWAH"
SIP
BIG

Seni Religius
Seni Religius Website ini dikelola oleh Biro Humas Seni Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang