PANGGUNG TUNGGAL 2019 "HEAVEN OF ART"



Workshop Kaligrafi
Jumat 6 Desember 2019
Prepare acara dimulai sesuai rundown yaitu jam 8 pagi untuk mempersiapkan rangkaian acara workshop yang disiapkan oleh seluruh panitia. Pra acara dimulai pukul setngah 1 yang diisi oleh penampilan divisi nasyid sembari menunggu peserta workshop kaligrafi berdatangan. Setelah banyak peserta berdatangan kemudian MC membuka acara secara formal yang dibawakan langsung oleh mbak Aliya dan mbak Warda tepat pada pukul 13.30. Kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci AlQur’an yang dilantunkan oleh mas Fahrul FAM. Setlahnya dilanjut dengan menyanyikan lagu Indoneia Raya yang di dirigeni oleh Mbak Hani dan aranger Mas Adam. Kemudian tepat pukul 13.47 ada sambutan dari ketua pelaksana panggung tunggal 2019 UKM Seni Religius yakni Mas Fajar Bayu, yang kemudian dilanjut dengan sambutan oleh ketua umum UKM Seni Religius yakni Mas Saad Ubaidillah, setelah semua selesai langsung ditutup dengan doa yang dipimpin oleh mas Rido.
Setelah rangkaian pembukaan dan sambutan selesai, dilanjutkan dengan pembacaan CV moderator oleh MC , setelah itu moderator masuk dan membacakan CV pemateri yakni Utadz Asirry, dan dilanjut pada pukul 14.00 dengan pemaparan materi beserta praktek dari pemateri sampai pukul 16.30 sesuai jam di rundown yang ada. Kemudian dilanjut dengan penyerahan sertifikat oleh ketua umum Seni Religius kepada pemateri yakni ustadz Asirry. Setlah itu daiadkan sesi foto bersama peserta dan juga bersama seluruh teamwork dan anggota UKM Seni Religius.
Semua rangkaian acara sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih ruang sidang, sembari menunggu sie konsumsi menyiapkan makan panjang untuk teamwork dan anggota UKM Seni Religius. Setelah usai makan, teamwork lanjut untuk melaksanakan evaluasi acara workshop kaligrafi yakni bertempat di kelas 101 gedung B. 
Acara workshop berjalan dengan lancar, pemateri datang tepat waktu dan manfaat yang dapat kita ambil dari workshop adalah kita menemukan relasi dari berbagai instansi, nama UKM Seni Religius mempunyai nilai tambah, dan juga acara ini dimuat dalam berita radar malang.


Malam Puncak Panggung Tunggal 2019
Sabtu 7 Desember 2019
Malam puncak panggung tunggal 2019 yang bertepatan pada tanggal 7 desember, dengan bertemakan heaven of art. Acara ini dimulai dari pagi yaitu jam 8 untuk prepare perlengkapan dan juga cek sound di tempat panggung tunggal dilaksanakan yakni di tangga besar. Kemudian setelah melaksanakan ceksound, pukul 1 para penampil dari setiap divisi melaksanakan make-up di kelas, setelah itu waktu menunjukkan pukul 16.00 acara dibuka secara formal oleh MC. Setelah pembukaan secara formal oleh MC selesai yakni dengan adanya menyanyikan Hymne Mars, Qiroah, sambutan-sambutan dari Ketapel, Ketum, dan juga ada pembina UKM Seni Religius yakni Mas Arifuddin sekalian ditutup dengan doa. Kemudian transisi dari acara formal menjadi acara inti yaitu acara penampilan dari setiap divisi.
Pembukaan dengan penampilan MC sebagai pemandu jalannya acara dari awal dan sekaligus penampilan dari divisi MC tersebut. Dan ketika MC pertama kali membuka rangkaian acara untuk menyambut penampilan ketujuh divisi tersebut, dengan tidak sesuai ekspetasi hujan turun dan membuat para teamwork dan juga semua anggota UKM Seni Religius bubar untuk mengamankan alat-alat musik dan kabel agar tidak terkena air hujan. Dan semua penampilan akhirya dibubarkan, dekorasi diamankan agar tidak basah.
Menunggu hujan reda sekitar sampai pukul 18.00, dan semua teamwork bersiap kembali untuk menata panggung dan dekorasi yang telah dibersihkan sebelumnya. Kemudian kembali mengulang ceksound hingga pukul 20.30. Setelah itu acara kembali lagi kondusif , dan diawali oleh pembukaan non formal dari divisi MC untuk memanggil satu persatu dari setiap divisi yang akan tampil.
Urutan tampil dimulai dari divisi Qiroah yang menampilkan MSQ, kemudian dilanjut dengan divisi Qosidah Rebana, setelah itu dilanjut oleh Sholawat Al irfan yaitu sholawat klasik, dan juga sholawat naghom zanjiron tampil setelahnya. Penampilan selanjutnya yaitu dari divisi nasyid, yang mana divisi ini menampilkan nasyid acapella yang kemudian disambung langsung dengan penampilan nasyid akustik. Setelah itu penampilan dari divisi qosidah modern, yang dilanjut dengan penampilan sholawat kontemporer dan langsung penampilan gambus, kemudian ditutup dengan penampilan divisi MC yang menyuguhkan puisi berantai dengan tema puisi tentang kekeluargaan di UKM Seni Religius.
Penampilan demi penampilan telah selesai, selanjutnya teamwork melakukan sesi foto bersama, kemudian seluruh anggota UKM makan bersama, dan setelah makan dilanjut dengan evaluasi dari acara penampilan beserta kepanitiaan yang dilakukan sebelumnya.
 Malam puncak panggung tunggal terkendala dengan hujan, tapi tetap kondusif di malam hari. Manfaat dari panggung tunggal yaitu semua dapat menampilkan hasil dkinerja latihan selama 1 periode, dan juga untuk mengenalkan penampilan dari semua divisi kepada anggota FAM.


"JIWAKU ADALAH SENI
DENGAN SENI AKU BERKARYA
DAN BERDAKWAH"
SIP
BIG
Seni Religius
Seni Religius Website ini dikelola oleh Biro Humas Seni Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang