SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UKM SENI RELIGIUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Seni Religius Management
Pelantikan Pengurus Masa Jihad Periode 2016-2017
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UKM SENI RELIGIUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Seni Religius Management

Various Kinds of Reseach from UKM Seni Religius

             Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius telah sukses menggelar serangkaian Reseach Division dari berbagai macam divisi yang ada di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius secara online.

Pada Sabtu, 22 Februari 2020, pengurus divisi kaligrafi usai melaksanakan research of kaligrafi. Bertempat di Jl. Raya Sukun Gang I No. 1, tepatnya di kediaman Ustad M. Misbahul Munir sebagai pemateri. Research of kaligrafi ini dilakukan untuk menambah wawasan, menjalin silaturrahmi dan meningkatkan semangat berkarya. Dimana kegiatan ini diikuti oleh 4 peserta dari divisi kaligrafi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius. Setelah tiba di kediaman Ustad Misbahul Munir, peserta Research berbagi cerita mengenai kaligrafi masa kini berorientasi pada seni modern, kontemporer dan minimalis. Selanjutnya, peserta juga ditunjukkan karya-karya yang ada di galeri dan tempat kerja beliau. Lalu, peserta juga diberikan sedikit contoh bagaimana cara mencampur warna, membuat tulisan tanpa sketsa dan membentuk ornamen dengan cepat. Setelah itu, peserta juga memohon doa agar bisa menjadi kaligrafer seperti jejak beliau dan  ilmu yang mereka daptkan bisa bermanfaat dikemudian hari.

“Mengasah Kemampuan MC Formal dengan Penampilan Istimewa Sebagai Salah Satu Bekal untuk Berkarya dan Berdakwah” ialah tema yang diangkat pada Research of MC. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 20 September 2020 yang dilaksanakan oleh pengurus divisi MC, guna memambah wawasan dan pengalaman serta aktualisasi diri. Narasumber yang dihadirkan kali ini ialah “Dian Agustiningsih, S.S”. Pada kegiatan ini pemateri menyampaikan cara-cara untuk menjadi MC formal yang baik dan profesional. Seperti, susunan kata yang dipakai, gesture tubuh, bahasa yang digunakan, ekspresi (mimik wajah) ketika membawakan MC formal, dan cara penyampaian ketika berada di panggung. Dengan harapan ilmu yang diberikan bisa bermanfaat untuk para peserta webinar.

“Menggemakan Seni Bersholawat untuk Menggapai Syafa’at-nya dalam Berkarya dan Berdakwah” merupakan tema yang dibawa pada kegitan Research of Sholawat. Kegiatan ini diadakan pada 10 Oktober 2020, tepat pada pukul 08.00 oleh pengurus divisi sholawat. Narasumber yang dihadirkan pada reasearch of sholawat ini merupakan vokalis dari group Sukarol Munsyid yaitu Fandy IraOne. Antusias para peserta begitu terlihat ramai, mengingat narasumbernya sudah sangat terkenal dalam dunia sholawat. Pada kegiatan ini, narasumber juga membawakan beberapa cara untuk melantukan sholawat agar terdengar merdu ketika didengar. Research of Sholawat ini juga diadakan untuk mengukur hasil dari proses latihan dan menambah wawasan serta pengalaman anggota Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Seni Religius. Kegiatan ini berlangsung melaui Zoom meeting dan live via instagram untuk anggota luar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius.

Pada 08 November 2020, telah diadakan Research of Gambus oleh pengurus divisi gambus melalui Zoom meeting. Tidak hanya itu, research ini juga berlangsung di media sosial Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius seperti live via Instagram, yang diperuntukkan bagi anggota luar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius. Reseach kali ini mengangkat tema “asah seni di era pandemi”. Dengan narasumber Mas Yusuf yang juga salah satu mantan ketua umum dan alumni Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius, dimana pada kesempatan ini narasumber menjelaskan tentang sejarah masuknya gambus kepada para peserta. Kegiatan ini dilakukan guna menambah wawasan tentang gambus. Selain menambah wawasan, juga ikut serta menjaga dan bangga akan seni islami yang ada, sehingga tradisi dan budaya Indonesia akan semakin eksis karena terus dikembangkan dan di lestarikan.

Maka dari itu, bisa kita lihat meskipun berada ditengah-tengah kondisi seperti ini tidak mengurangi rasa semangat dari pengurus divisi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius dan juga anggota untuk tetap melakukan research. Agar kedepannya bisa mencetak anggota-anggota yang berwawasan.

Oleh : Ezlyn






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Various Kinds of Reseach from UKM Seni Religius"

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan Sopan tanpa membuat Spam