SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UKM SENI RELIGIUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Seni Religius Management
Pelantikan Pengurus Masa Jihad Periode 2016-2017
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UKM SENI RELIGIUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Seni Religius Management

Profil UKM Seni Religius

PROFIL UKM SENI RELIGIUS

DASAR PEMIKIRAN

Universitas merupakan lembaga pendidikan tingkat tinggi di Indonesia, sesudah Sekolah Menengah Umum (SMU) dan sederajat. Dalam perkembangannya, Universitas sebagai perguruan tinggi telah mengalami penyempurnaan di segala segi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, demi mencetak sarjana-sarjana yang siap menghadapi tuntutan zaman.
Universitas Islam Negeri Malang juga berupaya melakukan penyempurnaan seperti halnya yang dilakukan oleh Universitas-Universitas yang lain di Indonesia, yakni mulai dari pengembangan kurikulum yang berbasis kompetensi sampai dengan pengembangan SDM yang salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
UKM adalah suatu organisasi yang mewadahi bagi para mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya sesuai dengan keahlian masing-masing. Di Universitas Islam Negeri Malang terdapat empat belas UKM yang mempunyai struktur kepengurusan dan bidang berbeda-beda. Salah satunya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Religius. UKM Seni Religius merupakan salah satu UKM yang tumbuh dan berkembang diantara empat belas UKM yang ada di Universitas Islam Negeri Malang.
Lahirnya UKM Seni Religius karena melihat dari keadaan kampus yang berbasis islam. UKM Seni Religius adalah satu – satunya Unit Kegiatan Mahasiswa di Malang bahkan di seluruh Indonesia yang mengembangkan Seni Religius secara keseluruhan dalam satu wadah Unit Kegiatan Mahasiswa. Karena mengingat pentingnya untuk menjaga eksistensi Seni Religius tersebut, apalagi di tengah – tengah persaingan dunia seni global. Selain itu, Seni Religius masih jarang eksis dalam kawah intelektual, seperti institusi pendidikan. Padahal di Indonesia sebagian besar penduduknya beragama Islam, yang seharusnya perkembangan Seni Religius bisa benar - benar eksis di Indonesia.
Melihat ruang lingkup gerakannya, Seni Religius yang dikembangkan UKM Seni Religius adalah gerakan pengembangan peradaban Islam yang dapat menunjang nilai eksistensi islam di mata peradaban dunia melalui seni yang bernuansa islami.
Di UKM Seni Religius ini, anggota dapat mengembangkan minat, bakat dan kreatifitasnya dalam bidang seni, khususnya yang bernafaskan Islam. Karena tidak ada suatu wadah atau organisasi yang membawahi bidang-bidang Seni Religius dalam kampus UIN selain UKM Seni Religius. 
VISI, MISI DAN TRADISI UKM SENI RELIGIUS
Visi UKM Seni Religius adalah: 
  1. Menjadi UKM yang kompetitif dan komparatif di dunia seni yang bersifat Islami dalam melakukan pendidikan, pengajaran, pelatihan, dan pengabdian di masyarakat.  
  2. Menjadi UKM yang dibangun atas dasar komitmen yang tinggi dan kokoh dalam upaya mengembangkan organisasi.  
  3. Menjadi pelopor perubahan dalam pengembangan organisasi dan seni  
  4. Menjadi pusat pengembangan Seni Religius yang bermanfaat bagi masyarakat luas. 
Misi UKM Seni Religius adalah:  
  1. Mengantarkan anggota agar memiliki keahlian, kemampuan, keluasan pengetahuan tentang seni serta profesional dalam melaksanakan tugas.  
  2. Mengembangkan  ilmu  pengetahuan  khususnya  dalam  bidang  organisasi  dan  seni religi.  
  3. Memberikan teladan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islami dan budaya luhur.  
  4. Membina dan mengembangkan anggota UKM Seni Religius dalam upaya pemantapan pengembangan yang berhubungan dengan kesenian Islami dan kegiatan sosial. Pembinaan anggota yang diharapkan menjadi sarjana siap pakai yang bermoral dan disiplin  
  5. Menampung  dan  menyalurkan  aspirasi,  kreasi  dan  aktivitas  anggota  UKM  Seni Religius. 
  6. Kaderisasi khususnya anggota UKM Seni Religius yang tangguh, kreatif, dedikatif, disiplin serta tanggungjawab. 
TRADISI UKM SENI RELIGIUS 
Dalam melakukan perannya masing-masing, Tradisi di UKM Seni Religius didasari dari kesadaran yang tinggi atas peran yang disandang dalam meraih cita-cita bersama. Kesadaran itu di bangun atas dasar pemahaman yang tinggi terhadap AD/ART, PO, GBPK juga visi dan misi yang dikembangkan. Hal itu tercermin dalam pemikiran, sikap dan tindakan dalam menjalankan tugas sehari-hari. 
Performa yang dibangun di UKM Seni Religius ini sebagai berikut : 
  1. Bertaqwa  
  2. Memiliki pengalaman, pengetahuan organisasi dan seni  religi  
  3. Memiliki keinginan yang kuat untuk berorganisasi dan mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya.  
  4. Memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi.  
  5. Memiliki keberanian, kebebasan dan keterbukaan.  
  6. Bersikap kreatif, inovatif , berpandangan jauh kedepan dan bersikap dalam menyelesaikan persoalan.
  7. Memiliki performance sebagai calon pemimpin yang ditandai dengan kesederhanaan, kerapian, bertanggungjawab serta penuh percaya diri.     
Dasar, Azas, Sifat 
Dasar    : Pancasila dan UUD 1945 
Azaz      : Kekeluargaan 
Sifat       : Ilmiah, sosial, keagamaan, serta terbebas dari organisasi politik praktis 
TUJUAN DAN USAHA
Tujuan  :
  1. Membentuk Mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Mempererat tali persaudaraan
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Membentuk kader-kader pemimpin yang berwawasan keagamaan, kreatif, dinamis, dan inovatif.
  5. Meningkatkan Intelektualitas serta mewadahi minat dan bakat anggota. 
Usaha    : 
  1. Mendorong dan menanamkan pada anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, untuk mencintai agama, bangsa dan negara.
  2. Mendorong dan menanamkan pada anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk peduli akan seni.
  3. Menumbuhkembangkan kualitas potensi anggota. 
Proses Kegiatan Yang Dikembangkan Di UKM Seni Religius 
Untuk memenuhi syarat sebagai anggota UKM Seni Religius, calon anggota terlebih dahulu harus mendaftar dan mengikuti DIKLAT yang diadakan oleh Panitia Diklat kurang lebih selama satu minggu. Latihan rutin divisi adalah kegiatan harian UKM Seni Religius yang diikuti oleh pengurus dan anggota. 
Guna memenuhi tuntutan dan melaksanakan program kerja yang telah dicanangkan sebelumnya, kegiatan yang dilakukan bukan hanya kesenian akan tetapi disini juga banyak berdiskusi tentang keorganisasian baik kaitannya dengan manajemen, kepemimpinan, pengelolaan keuangan, pengelolaan organisasi dan masih banyak lagi lainnya. 
Dalam UKM Seni Religius kegiatan spiritual juga masih tetap dipertahankan seperti: Dibaan, Istighosah, Yasinan dan PHBI. Mengikuti undangan pementasan dalam dan luar kota, merupakan kegiatan anggota yang benar-benar mampu mengapresiasikan bakat, minat dalam melatih mental. Disamping itu juga pementasan tersebut sebagai wadah da’wah UKM Seni Religius di masyarakat luas. 
FASILITAS 
Untuk memenuhi kebutuhan anggota dalam mengembangkan bakat dan minat khususnya dalam Seni Religius UKM Seni Religius terutama pengurus berupaya semaksimal mungkin untuk melengkapi fasilitas/perlengkapan. Diantaranya:
  1. Kantor sebagai pusat kegiatan keorganisasian.Studio musik sebagai wadah pengembangan minat dan bakat musik. 
  2. Galeri Khot sebagai wadah pengembangan di bidang khot. 
  3. Didukung dengan perlengkapan alat musik dan alat tulis khot dan referensi qiro’ah. Bimbingan pelatih. 
  4. Perpustakaan

0 Response to "Profil UKM Seni Religius"

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan Sopan tanpa membuat Spam